A.      Visi, Misi dan Tujuan

Visi

  Menjadi program studi yang unggul di bidang ilmu Akuntansi, Entrepreneurship dan riset dengan mengintegrasikan teknologi sertra nilai-nilai profeswinalisme yang Islami pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Akuntansi yang berkualitas tinggi dan relevan dengan kebutuhan stakeholders dan masyarakat

  2. Menyelenggarakan riset yang mendukung pelaksanan pendidikan Akuntansi.

  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pendidikan, riset, dan teknologi.

  4. Membangun jiwa entrepreneur sehingga menjadi insane yang mandiri.

  5. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

  6. Menyelenggarakan kerjasama dengan dengan berbagai lembaga terkait dalam bidang Akuntansi baik di dalam maupun di luar negeri

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Akuntansi berlandaskan pada nilai-nilai profesionalisme dan etika.

  2. Menghaslikan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuntansi

  3. Menghasilkan tenaga peneliti yang handal.

  4. Menghasilkan lulusan yang mampu meciptakan lapangan kerja

  5. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak islami

  6. Menghasilkan kemitraan yang saling menguntungkan dengan pihak terkait yang berkesinambungan

B.   Kurikulum Prodi Akuntansi

  Kurikulum yang berlaku di Prodi Akuntansi selalu disusun untuk mengantisipasi perubahan kondisi di dunia bisnis nyata, sehingga setiap dua tahun kurikulum tersebut dievaluasi ulang. Sedangkan materi  perkuliahan yang diberikan dievaluasi setiap tahun. Evaluasi ini juga melibatkan beberapa praktisi ilmu dan praktisi dan praktisi di dunia bisnis.

  Program akuntansi memiliki 4 jalur peminatan yakni peminatan auditing, perpajakan, akuntasi keuangan, akuntansi syariah.

  1. Peminatan auditing akan memberikan bekal kepada lulusan untuk mampu secara teori maupun praktik dalam melakukan pemerikasaan laporan keuangan yang berlaku umum.

  2.  Permintaan perpajakan akan memberikan bekal kepada lulusan untuk memapu secara teori dan praktik perpajakan yang berlaku di Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

  3. Peminatan Akuntansi Keuangan  akan memberikan bekal kepda lulusan untuk mampun secara teori dan praktik dalam pembuatan laporan keuangan yang akuntabel yang bisa dipahami berbagai pihak.

  4. Akuntasi Syariah akan memberikan bekal kepada lulusan untuk mampu secara teori dan praktik dalam memahami bahwa akuntansi ini tidak hanya sebagai alat untuk menterjemahkan fenomena ekonomi  dalam bentuk ukuran moneter tetapi juga sebagai suatu metode menjelaskan bagaimana fenomena ekonomi itu berjalan dalam masyarakat yang Islami.